CONTOH SINOPSIS FILM PENDEK LENGKAP

Contoh Naskah Film Pendek – Selamat pagi sahabat BK, Alhamdulilah kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dalam situs berbagi ilmu tentang pendidikan dan informasi perkembangan dunia pendidikan Indonesia. Untuk kali ini saya akan membahas tentang contoh naskah sinopsis film lengkap. Sinopsis ini saya dapatkan dari salah satu situs penulis JPI.
Untuk lebih lengkapnya silahkan kalian baca alur sinopsisnya di bawah ini :
Sinopsis
Bioskop Indoesia Premire
TRANS TV
“PUTRI MATAHARI”
Ide Cerita & Skenario
 Endik Koeswoyo
CONTOH SINOPSIS FILM PENDEK LENGKAP
PEMAIN INTI:
1. LIAN (Putri Matahari) 24 tahun, Mahasiswi, keturuan Dewa Matahari. Konon kakeknya bernama SHAIMING yang artinya Sinar Matahari.
2. PANGERAN LEI (Pangeran Guntur) 25 Tahun, putra Mahkota Kerajaan Langit Barat, pengatur hujan.
3. PENGARAN FENG (Pangeran Angin) 26 tahun. Putra Mahkota kerajaan Langit Timur, pengatur angin.
4. PANGLIMA HAIYAN 27 tahun, pengawal setia Pangeran FENG. Turun ke bumi bersama pangeran FENG untuk menggagalkan rencana Pangeran LEI membawa Putri LIAN ke langit.
5. RICO (25 tahun) teman kuliah LIAN, naksir sama LIAN.
6. AINI, (24 tahun)sahabat LIAN, teman kuliah LIAN yang tinggal di rumah LIAN.
FIGURAN:
1.  RAJA LONG RAJA KERAJAAN LANGIT BARAT, AYAH PANGERAN LEI.
2.  TABIB KERAJAAN LANGIT BARAT(2 orang)
3.  PENGAWAL RAJA LONG/PRAJURIT ISTANA LANGIT(10-20 orang)
4.  Teman Kuliah LIAN (5-10 orang)
SET LOKASI
1. KAMAR TIDUR RAJA LONG di kerajaan Langit, set Kerajaan Langit.
2. Rumah LIAN, adegan akan banyak di sekitar rumah ini.
3. Rumah AINI, untuk persembunyian LIAN dan Pangeran LEI saat dikejar-kejar musuh.
4. Kampus, untuk iteraksi semua pemain.
5. Kantin Kampus.
6. Café
7. Jalanan, untuk beberapa adegan action, kejar-kejaran, atau perkelahian.
Sinopsis(hanya 2 halaman word, font Courire New spasi 1)
Pangeran LEI (Pangeran Guntur –LEI- artinya Guntur) 25 tahun mendapat tugas berat untuk mencari “Putri Matahari” satu-satunya orang dari Bumi yang bisa mencabut anak panah yang menancap di dada Raja LONG (-LONG- artinya Naga) penguasa Kerajaan Langit Barat, kerajaan pengendali hujan, Sang Naga (Long) sedang dalam keadaan ktitis dikarenakan setelah peperangan dengan Kerajaan Langit Timur, kerajaan pengendali angin Raja Long terkena panah sakti dari musuh. Di kamar Raja Long, 2 orang tabib istana tidak mampu mengobati Raja Long, satu-satunya cara agar Raja Long selamat dan adalah dengan mencabut anak panah yang menancap di dada Sang Raja, dan yang bisa melakukan itu hanyalah “Putri Matahari” yang berada di Bumi. Sehingga dengan nafas tersengal-sengal hampir mati, Raja Long memerintahkan Pangeran LEI untuk turun ke bumi bersama hujan esok pagi. Pangeran Lei yang sehari-hari bertugas mengatur hujan ini akhirnya berangkat ke Bumi, mencari “Putri Matahari”. Pangeran akan segara berangkat, membawa manusia dari Bumi ke Kerajaan langit bukan hal sulit baginya. Tetapi kedua tabib bilang tidak mudah, karena “Putri Matahari” harus iklas dan rela di bawa dari Bumi, karena jika Putri Matahari tidak mau, Pangeran LEI tidak akan sanggup memaksa Putri Matahari.
Keesokan harinya, bersama hujan dan kilatan petir dan suara Guntur yang menggelegar Pangeran LEI muncul di bumi. Pangeran LEI turun dari langit tepat di depan rumah LIAN. Akhirnya Pangeran LEI menemukan LIAN “Putri Matahari” yang dicarinya. LIAN kaget ada orang aneh, hujan-hujan gini datang entah dari mana tiba-tiba menyapanya, dan berlutut layaknya prajurit Cina menghormati Putri Raja, “Qing wen, ni shi LIAN ma?” mendapat perlakuan aneh dan bahasa aneh, LIAN bingung, dia nggak ngerti bahasa Mandarin. Setelah berusaha menjelaskan, akhirnya Pangeran LEI membaca mantra, dia lalu bisa berbahasa Indonesia, sedikit kaku jadinya lucu. Pangeran LEI langsung menjelaskan pokok permasalahannya, tetapi jelas saja LIAN tidak percaya.
Kini, tugas berat Pangeran LEI adalah meyakinkan kepada LIAN kalau LIAN adalah satu-satunya orang yang bisa menyelematan Bumi dari kekeringan. Karena jika Kerajaan Langit Barat di khayangan kalah oleh Kerajaan Langit Timur, maka hujan tidak akan pernah turun ke Bumi dan Matahari akan bersinar selamanya, tidak akan ada malam karena Matahari tidak bergeser ke Langit Barat, kerajaan Langit Timur Ingin menguasai matahari, sumber kehiduoan di seluruh jagad semesta. Mendengar cerita Pangeran LEI, LIAN tidak percaya dan menganggap LEI adalah orang gila, pakaiannya saja kayak pemain opera, merah menyala dan bawa bendera-bendera di punggungnya, bawa pedang dan pakai mahkota, bukannya percaya Lian malah takut. LIAN buru-buru teriak-teriak minta tolong ke AINI sahabatnya, AINI muncul, tetapi Pangeran LEI segera bersembunyi. AINI jadi aneh melihat LIAN yang jadi aneh gara-gara pangeran LIAN.
Singkat Cerita, Pangeran LEI dengan dandanan anehnya terus mengikuti LIAN, kemanapun LIAN pergi. Hal itu menyebabkan LIAN jadi aneh sendiri, heran dan juga penasaran. AINI juga heran, kalau orang itu jahat pasti sudah berbuat jahat, tetapi enggak jahat. Bahkan AINI sengaja menjatuhkan uang saat jalan, nggak diambil juga sama Pangeran LEI. LIAN lalu kasih makanan, nggak di makan sama Pangeran LEI. LIAN dan AINI makin bingung, di manapun LIAN berada, pengeran LEI selalu ada di dekat mereka. Aneh.
Di kampus, LIAN yang terus diikuti Pangeran LIAN jadi perhatan anak-anak yang lain, jadi bahan tertawaan, termasuk oleh RICO. RICO semula menganggap kalau Pangeran LEI orang gila, sama seperti anak-anak yang lain. Pangeran LEI menjelaskan semuanya ke RICO tetapi RICO malah mengusir Pangeran LEI, jangan deket-deket sama LIAN. Pangeran LEI tidak mau pergi, RICO berniat melindungi LIAN, dia mengusir dengan cara kasar, tetapi sekali pukul RICO terlempar jauh. Pingsan. Semua kaget. LIAN lalu menenangkan Pangeran LEI yang terlihat marah ke RICO. Melihat kenyataan itu, melihat kekuatan super yang dimiliki pangeran LEI, LIAN semakin penasaran.
Di rumahnya, LIAN semakin kacau hidupnya karena muncul dua orang aneh lain, yang menggagu kehidupannya, mereka adalah Pangeran FENG dan anak buahnya PANGLIMA HAIYAN. Pangeran FENG dan PANGLIMA HAIYAN meneror LIAN. Terjadi perkelahian sengit antara Pangeran FENG dan Pangeran LEI. LIAN semakin syok, hidupnya semakin aneh dengan 3 orang aneh yang mengikutinya terus.
Singkat cerita, LIAN mulai yakin dengan apa yang dikatakan yang dikatan Pangeran LEI. Tetapi, untuk sembunyi dari musuh mereka Pangeran FENG dan Panglima HAIYAN, LIAN akhirnya merubah penampilan Pangeran LEI menjadi pemuda dengan kostum yang berbeda.
Di kampus, teman-teman LIAN kaget, terlebih RICO yang melihat LEI menjadi pemuda yang keren. RICO masih penasaran, AINI juga semakin bingung dengan apa yang terjadi. Pangeran LEI terus meyakinkan LIAN untuk mau di ajak ke langit, karena hanya LIAN yang bisa mencabut panah dan menyembuhkan RAJA LONG ayahnya. Jika Raja Long sampai meninggal, kerajaan Barat akan hancur, karena hanya RAJA LONG yang bisa melawan RAJA dari kerajaan langit timur. LIAN pelan tapi pasti mulai jatuh hati dengan pengaran LEI yang sudah berubah penampilannya. Apalagi pangeran LEI beberapa menyelamatkan LIAN dari ulang Pangeran FENG dan panglima HAIYAN. Pangeran LEI menjadi pahlawan di mata LIAN. Waktu semakin mepet, mereka harus segera pergi ke langit.
Suatu malam, LIAN menyatakan dirinya mau pergi ke langit bersama pangeran LEI, tetapi saat pangeran LEI mengajak naik ke langit, mereka tidak bisa naik kelangit. Rupanya LIAN belum iklas. Apa yang diharapkan LIAN agar LIAN iklas mau ke langit? LIAN bilang, kalau dia ingin kembali ke bumi bersama Pangeran LEI… Pangeran LEI bingung, sementara itu musuh mereka Pangeran Feng dan Panglima Haiyan terus menyerang Pangeran LEI. Akhirnya,pangeran LEI menyanggupi permintaan LIAN. Dia akan kembali ke bumi bersama LIAN. LIAN senang, dia iklasdi bawa ke langit. Sekali hentak, tubuh keduanya lenyap (efeknya mungkin kayak film JUMPER).
Pangeran LEI dan LIAN muncul secara tiba-tiba di kamar Raja LONG. Di sini tabib langsung meminta LIAN untuk mencabut panah yang menancap di dada Raja LONG. Aneh bin ajaib, panah tercabut dan RAJA LONG yang sudah sekarat itu langsung sembuh dan langsung gagah berani, sehat dan lukanya hilang. Pangeran LEI dan seluruh prajurit yang di ruangan itu bersykur bahagia dan berlutut memberi hormat. RAJA LONG akan mengabulkan apapun yang diminta LIAN. LIAN tidak minta apa-apa dia sennag bisa membantu RAJA LONG, tetapi Pangeran LEI yang minta hadiah, dia minta ijin untuk turun ke Bumi, menikah dengan LIAN dan menjaga LIAN. Raja mengijinkan, karena LIAN adalah orang yang tulus, dari LIAN akan lahir pahlawan baru…. LIAN dan Pangeran LEI senang, bahagia. Tetapi RAJA LONG punya satu sarat untuk putranya, Raja Long melarang Pangeran LEI untuk menggunakan kekuatannya di Bumi, Pangeran Lei bertanya kenapa? Shòu rén yǐ yú bùrú shòu rén yǐ yú —— Lebih baik mengajarkan orang bagaimana memancing daripada langsung memberinya ikan. Belajarlah jadi manusia yang baik, kata Raja sambil tertawa senang. Semua senang.
-SEKIAN-
Sumber : JPI

About BAHYUDIN NOR, S.Pd.I

Easy Going and Friendly.

Posted on 7 November 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: