Tiga Contoh Sinopsis Film Pendek Karya Anak Bangsa

Tiga Contoh Sinopsis Film Pendek Karya Anak Bangsa

Setelah selesai proses editing membuat suatu film. Kita tentu harus mempromosikan film kita agar dapat ditonton oleh orang lain atau masyarakat. Dengan kata lain yang artinya kita harus membuat suatu sinopsis sebagai salah satu alat promosi film kita. Sinopsis ini terdiri dari 1-3 paragraf yang menjelaskan inti cerita film kita tanpa memberitahu ending dan secara detail dari isi filmnya. Sinopsis ini juga berlaku untuk kamu yang membuat film pendek supaya film kamu banyak diminati orang lain untuk ditonton. Berikut ini adalah tiga contoh sinopsis film pendek karya anak bangsa.

 

SINOPSIS FILM PENDEK “MATA BINTANG”

Seorang pemuda yang datang ke desanya untuk melepas kepenatannya dari rutinitas kuliah di kota. Saat Bintang pulang kedesanya ia bertemu dengan kawan lamanya saat di desa dulu yaitu Ferry. Bukan hanya ingin berlibur dan bertemu teman lama saja, Bintang juga ingin bertemu dengan Devi orang yang dia sayangi dulu. Tapi tidak disangka Devi malah bersifat dingin saat bertemu dengan Bintang. Devi tak tahu bahwa dulu Bintang pernah menyumbangkan kornea matanya untuk dirinya yang buta warna. Saat Devi ingin mendatangi Bintang, waktu sudah terlambat. Bintang sudah kembali ke kota untuk mendatangi ibunya yang sakit.

SINOPSIS FILM PENDEK “BEDA WARNA”

Ada dua orang sahabat yang memiliki kegemaran yang sama yaitu minum kopi. Evan dan Andi menyukai minum kopi, hanya saja mereka berdua memiliki selera rasa kopi yang berbeda satu sama lain. Andi lebih menyukai kopi hitam, sedangkan Evan lebih suka kopi susu. Saat Andi mengajak Evan untuk pergi minum kopi bersama, Evan membuat Andi marah. Kopi hitam yang dibelikan Andi untuk Evan sama sekali tidak disentuh oleh Evan. Dari itulah Andi salah paham dengan perlakuan Evan. Di waktu yang berbeda Evan mengajak Andi untuk pergi minum kopi bersama dan disitulah Evan menjelaskan kenapa dia tidak meminum kopi hitam pemberian Andi waktu itu.

SINOPSIS FILM PENDEK “SEKOLAH KU”

Andi adalah seorang anak yang hidup di sebuah desa yang masih asri. Andi seorang anak berumur 17 tahun yang tidak memiliki harapan lagi untuk melanjutkan sekolahnya di tingkat SMA, karena biaya yang terbatas. Suatu pagi seperti hari biasa dimana ia membantu ayahnya bekerja di sawah, ia terdiam melihat sekelompok anak mengenakan seragam, sepatu dan membawa tas hendak berangkat ke sekolah. Andi hanya bisa berangan-angan kapan ia bisa ikut bersama temannya berangkat sekolah. Harapan Andi untuk sekolah seakan tidak akan pernah terwujud, karena faktor kesejahteraan ekonomi yang rendah dan harus membantu orang tuanya sebagai buruh tani.

Di sore hari saat ia akan pulang dari sawah, ia melihat sekelompok orang membawa peralatan pertanian (cangkul, sabit dan lain-lain) dari arah berlawanan. Andi merasa keheranan dan bertanya-tanya mau pergi kemana orang-orang itu, mau pergi berunjuk rasa atau mengamuk warga. Namun semakin dekat massa tersebut, Andi sedikit kaget setelah melihat mereka juga  membawa alat tulis. Ketika mereka berpapasan, Andi diajak untuk ikut bergabung dan pergi bersama mereka.

Sesampainya mereka di tujuan, Andi baru tahu bahwa mereka menuju kesekolah yang ada di desanya. Sekolah baru itu adalah sekolah terbuka. Siswa sekolah itu tidak dibatasi umur layaknya sekolah umum yang ada. Sekolah ini memberikan pelayanan secara gratis bagi siswanya, pelayanan tersebut ialah gratis uang sekolah, alat tulis, dll. Siswa yang lulus dari sekolah ini pun mendapat sertifikat. Kegiatan pembelajaran di sekolah ini dilakukan 3 kali dalam seminggu disore hari selama 3 tahun, sehingga tidak mengganggu aktivitas siswanya. Dengan adanya sekolah terbuka, Andi bisa melanjutkan pendidikannya dan menggapai mimpinya yang belum tercapai selama ini.

Contoh yang lain Klik DiSini

Sumber: http://www.idseducation.com/articles/tiga-contoh-sinopsis-film-pendek-karya-anak-bangsa/

About BAHYUDIN NOR, S.Pd.I

Easy Going and Friendly.

Posted on 7 November 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: