STRATEGI MENGERJAKAN READING DAN LISTENING BAHASA INGGRIS

vv

Sebuah kesuksesan sedikit banyak dipengaruhi oleh persiapan dan strategi awal yang matang. Demikian juga untuk dapat lulus dan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam Ujian Nasional 2016, dibutuhkan persiapan dan strategi yang cerdas dalam pengerjaannya.
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik mengerjakan soal-soal UN 2016 yang berlaku untuk seluruh mapel UN, baik soal UN SMP, ataupun soal UN SMA/SMK, serta sedikit tambahan metode atau cara cepat untuk mengerjakan soal UN Bahasa Inggris 2016.
Beberapa fakta yang harus diketahui terlebih dulu terkait dengan soal UN tahun 2016 yang akan dihadapi besok adalah:

  • Soal Ujian Nasional 2016 berbentuk multiple choice. Ini berarti se-blank-blank-nya pikiran anda masih tetap bisa menjawabnya.

  • Sistem penilaiannya menggunakan benar salah. Maksudnya adalah benar mendapat skor, salah tidak mendapat skor. Ini berarti tidak ada pengurangan skor saat anda salah menjawab.

  • Jumlah soal 40 atau 50 dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Dengan kata lain rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 – 3 menit.

  • Soal-soal UN dibagi menjadi 3 tingkat kesukaran: kelompok soal-soal mudah kurang lebih sebanyak 10%, soal-soal dengan tingkat kesukaran sedang sekitar 70%, dan soal-soal kategori sulit sebanyak 20%an.

Itulah beberapa fakta tentang soal UN yang harus dipahami terlebih dahulu karena akan berkaitan erat dengan strategi yang akan ditempuh dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

Strategi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. BENTUK SOAL

Bentuk soal ujian nasional Bahasa Inggris pilihan ganda ( multiple
choice ) dengan jumlah soal 50 butir yang terdiri dari dua bagian ,
yaitu :

  1. Listening Comprehension sejumlah 15 butir soal, terdiri dari 3
    soal diskripsi gambar, 4 soal question response, 4 soal dialog
    pendek dan 4 soal artikel – artikel pendek.
  2. Reading comprehension sejumlah 35 butir soal , terdiri dari
    10 soal melengkapi dialog, 10 soal error recognition dan 15
    soal pemahaman bacaan.

2.  MATERI SOAL :

  1. Greeting , mampu memilih salam sesuai dengan waktu dan keperluan.
  2. Introduction, memperkenalkan diri / memperkenalkan orang lain.
  3. Describing, mendiskripsikan benda, orang, situasi, proses.
  4. Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda, orang atau situasi.
  5. Guest handling, penanganan tamu / pelanggan secara langsung atau lewat telepon.
  6. Imperative, kalimat perintah, larangan, permintaan, arahan.
  7. Offering, menawarkan suatu produk pada pambeli/ pelanggan.
  8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dan responnya.
  9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang atau jasa.
  10. Giving suggestion, opinion and advice ,memberi saran , pendapat dan nasehat ,menerima dan menolak saran pendapat dan nasehat.
  11. Ability, kemampuan.
  12. Permision, meminta ijin dan responnya.
  13. Possibility, kemungkinan.
  14. Necessity, keharusan.
  15. Thank giving, ucapan terima kasih.
  16. Invition, menyampaikan undangan.
  17. Congretulation, memberi ucapan selamat dan balasannya.
  18. Present / past continouos , bentuk sedang berlangsung.
  19. Simple present tense, kegiatan sehari – hari.
  20. Present / past perfect tense, kegiatan yang masih berlangsung.
  21. Future tense, yang akan datang.
  22. Simple past tense, berulang di waktu lampau.
  23. Conditional clause, kalimat pengandaian
  24. Relative Pronoun, kata ganti sambung

3.  LISTENING SECTION
PICTURE terdiri dari 3 item soal
1. Location of things
2. On going activities
3. Describing people / event

QUESTION RESPONSE terdiri dari 4 item soal
1. Giving sugestion
2. Preference
3. Invitation
4. Giving direction

SHORT DIALOGUE/SHORT CONVERSATION
terdiri dari 4 item soal
1. Introduction
2. Daily activities
3. Planning
4. Degrees of comparation

SHORT TALKS terdiri dari 4 item soal
1. Monologe radio commercial
2. Announcement

4.  READING COMPREHENSION 15 soal

Mengerjakan jenis soal ini perlu ketelitian dalam memahami pertanyaannya. Langkah pertama fahami dulu pertanyaannya kalau belum yakin maksud pertanyaannya, baca dan pelajari lagi berulang-ulang.

Tidak semua pertanyaan dijawab dengan harus menterjemahkan seluruh isi teks tergantung dari pertanyaannya.

Terdapat paling tidak 3 jenis pertanyaan:

  1. Tersurat : pertanyaan yang jawabannya tertulis di teks, kamu tinggal cari saja dalam kalimat/paragraph yang dimaksusud kalau tidak ada cari padanan katanya di pilihan jawaban.
  2. Tersirat kalimat/kata jawabannya tidak secara jelas tertulis di dalam teks. Tapi kamu harus bisa memahami atau paling tidak menyimpulkan isi teks.
  3. Kosa Kata : mencari sinonom, antonim
  4. Bussines letter
    e. Diagram / Table
    f. Work experience
    g. Procedure
    h. Describing things
  1. READING SECTION INCOMPLETE DIALOGUE 10 soal
    1. Hobby and interest
    2. Handling guess / telephone
    3. Past event
    4. Invitation
    5. Giving praise
    6. Complaint
    7. Giving suggestion
    8. Conditional sentence
    9. Agreement / disagreement
    10.Giving direction
    11.Daily activities
    12.Ordering
    13.Possibility
    14.Capability
  2. ERROR RECOGNITION

Soal jenis ini yaitu mencari yang salah, dan sering dianggap soal yang paling sulit disbanding jenis soal Reading  yang lainnya. Untuk itu saya mencoba member trik dan strategi cara menjawab soal jenis ini agar menjadi lebih mudah. Biasanya yang disoalkan adalah grammar(structure). Sebelum kamu menjawabnya, identifikasi dulu soalnya jenis grammar yang mana yang disoalkan.

Jenis grammar yang sering disoalkan antara lain:

1.Kata kerja (tenses)

2.If conditional

3.Relative pronouns (who,whom,whose,which)

4.Comparisson Degree

5.Penggunaan Modals (will,may,can,should,dll)

6.Gerunds

7.Preposition (on, at, in, of, for, dll)

8.Adjective ending -ed dan ending –ing

  1. Adj clause / Relative Pronoun
  2. Physical appearance
  3. Asking permission
  4. Stating feeling

 

Kalau sudah teridentifikasi sisihkan kira-kira option mana yang berkaitan dengan jenis grammar yang teridentifikasi.

Misalya teridentifikasi jenis Adjective ending -ed dan ending -ing.

 

Contoh soal :

Yesterday I felt so tiring. I didn’t have time to take a rest during office hours

A                   B

since I had so.  Many things to do

C                                      D

Dari soal diatas option yang berkaitan dengan  Adjective ending -ed dan ending –ing hanya option A setelah diteliti seharusnya so tired jadi jawabannya adalah A.

PEMBAHASAN KHUSUS SOAL LISTENING

TAKTIK MENGERJAKAN Soal UAN mata diklat Bahasa Inggris terbagi jadi 2 bagian yaitu :
Soal listening comprehension sebanyak 15 butir soal , terdiri dari :
Part I : Photographs sebanyak 3 soal
Part II : Question – Response sebanyak 4 soal
Part III : Short conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk sebanyak 4 soal
Soal Reading comprehension sebanyak 35 butir soal, terdiri dari :
Part V : Sentence completion sebanyak 10 soal
Part VI : Error recoqnition sebanyak 10 soal
Part VII : Short reading sebanyak 15 soal
PHOTOGRAF

Dalam bagian ini, terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda. Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal pemahaman terhadap setiap gambar

Keterampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah :

  1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar
    dengan cepat.
    2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan
    dengan apa yang dilihat dalam gambar.
    3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan
    bunyi – bunyi yang hampir sama.

    Taktik yang diperlukan
    1. Selalu menandai jawaban anda secepat anda dapat sehinga
    anda segera dapat melihat gambar berikutnya.
    Anda tidak harus menunggu pembaca soal ( speaker ) untuk
    melihat gambar berikutnya.
    2. Jika anda melihat gambar suatu benda, tanyakan pada diri anda
    hal hal sbb :
    Ini benda apa ?
    Di mana biasanya benda ini ada / dilihat ?
    Benda tersebut terbuat dari apa ?
    3 Jika anda melihat kegiatan orang , tanyakan pada diri anda
    hal hal sbb :
    Apa yang sedang mereka lakukan ?
    Apa yang mereka pakai ?
    Di mana mereka melakukan kegiatan tersebut ?
    Bagaimana ekspresi wajahnya ?
    Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan
    mereka ?
    Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
    Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang
    lain tidak ?
    Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
    4. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai
    dibaca semua.
    Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A,
    jika anda pikir itu jawaban yang paling
    tepat. Lakukan hal yang sama untuk ( B ), C), atau ( D ).
    Jika anda berubah pikiran setelah mendengar
    lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil anda
    ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda
    mendengar keempat kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung
    pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan anda dari
    kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
    5 Cobalah untuk mengurangi kemungkinan jawaban salah
    dengan teknik pembeda bunyi ( sound confusion ) dan
    pembeda makna.
    Beberapa kalimat sama sekali tak ada kaitannya
    dengan gambar.
    6 Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
    Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
    jawaban yang benar, berspekulasilah.
    7. Jangan terpancang memandangi photo terlalu lama ,
    walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik,
    atau pria yang berwajah tampan, setelah menemukan
    jawaban yang benar segera pindah ke gambar pada
    soal berikutnya.

SHORT QUESTIONS

Pada bagian ini, dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban.
Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua ( bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga ( laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.

 

Sehingga urutannya :
Suara Pria     : membaca nomor soal
Suara wanita : membaca soal Suara
Pria               : membaca pilihan jawaban Atau
Suara wanita : membaca nomor soal
Suara pria : membaca soal
Suara wanita : membaca pilihan jawaban Ada dua jenis kalimat pertanyaan, yaitu

 

Yes no question dan information question ( wh question ).
Yes no question, sesuai dengan namanya kalimat pertanyaan ini dapat dijawab dengan yes atau no.
Tentu, jawaban bisa ”Maybe” atau “ I don’t know” atau yang semacam. Dalam kenyataan dalam test, jawaban yang benar jarang yang merupakan bentuk singkat seperti “ Yes. I do “ atau “ No. He was not “.
Dalam tes TOEIC , pertanyaan bentuk yes no question ini jumlahnya berkisar 30 %. Information question atau WH Question, menanyakan informasi tertentu yang kalimatnya dimulai dengan kata tanya , misal :
Who Who took this picture ?
Whose Whose apartement is this ?
When Whe does the sales meeting start ?
Where Where is your dress ?
Why Why did you call her ?
Which Which of these shoes do you like better ?
What What are you doing now ?
What time is it ?
How How did you get job ?
How many persons will you invite ?
Jumlah soal wh question ini kerang lebih 40 %.
Other types of questions Sekitar 30 % pertanyaan yang anda dengar di bagian ini bukan bentuk yes no question maupun information question, tetapi merupakan bentuk – bentuk seperti berikut :
Alternative question*
Which do you prefer, coffee or tea ?
Did you wear your black suit or you blue one to theinterview ?
Indirect question
Can you tell me if this is the City Hall Building ?
Do you know where these files should be stored ?
Tag question
That wasn’t too difficult, was it ?
You have a master’s degree, don’t you ?
This is your camera, right ?
Negative question : Don’t you want this story ?
Hasn’t he finished the report yet ?
Wasn’t that a delicious meal ? *)
Jawaban untuk alternative question biasanya nama dari salah satu alternative yang ada, misal :
“ Coffee, please “ kopi saja “
I’d prefer tea “ Saya lebih suka the “ Either one “ Salah satu saja, terserah “ Neither one, thank “ Nggak usah lah “ Both, please “ Keduanya tetapi jawaban Yes atau No bukan jawaban yang tepat untuk jenis pertanyaan ini. “ Function “ questions

 

Beberapa pertanyaan di bagian ini merupakan fungsi bahasa tertentu.
Fungsi in meliputi membuat saran (suggestion ),
penawaran ( offer ),
permintaan ( request ) dan melakukan undangan ( giving invitation ).
Banyak dari jenis function question ini yes no question tapi
beberapa merupakan tipe lain.
Suggestion Why don’t you try using this tool ?
Shouldn’t we take a taxi ?
Have you ever thought of opening your own business ?
Offers May I get you something to drink ?
Would you like me to take you to the airport ?
Request Would you step over here for a moment, Mr. David ?
Could you look over this letter before I send it ?
Invitation Woul you care to play tennis Saturday ?
Do you want to join us for lunch ?
Dan Lain – lain.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
1. Kemampuan membedakan jenis – jenis pertanyaan secara lisan
( information question, yes no question, alternative question,
suggestion offers dan lain – lain )
Kemampuan mengenal respon sesuai dengan tipe pertanyaannya.
2. Kemampuan membedakan kata-kata yang bunyinya
hampir sama.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
Karena tidak ada teks soal maupun jawaban pada lembar soal,
maka pusatkan perhatian pada suara dari tape recorder / CD player.
3. Cobalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan.
Respon yang benar biasanya tergantung pada jenis pertanyaan
yang ditanyakan. Jangan pernah menjawab sebelum keempat
pernyataan selesai dibaca semua.
Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A,
jika anda pikir itu jawaban yng paling tepat. Lakukan hal yang
sama untuk ( B ), atau ( C). Jika anda berubah pikiran
setelah mendangar lebih banyak pilihan, pindahkan ujung
pencil anda ke jawaban pengganti.
Kemudian setelah anda mendangar ketiga respon,
hitamkan jawaban dimana ujung pensil anda berada.
Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada
jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
4. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
jawaban yang benar, berspekulasilah.

SHORT DIALOGUE

Dalam test bagian ini, anda diuji kemampuan pamahaman dialog singkat dalam Bahasa Inggris antara dua orang. Format dari dialog ini dapat digambarkan sebagai berikut :

Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “ atau
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Di lembar soal terdapat satu pertanyaan setiap dialog dengan empat (4) pilihan jawaban ; a , b, c dan d. yang harus anda jawab berdasar isi dialog tersebut.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah
membaca dan mencermati pertanyaan soal pertama dan
keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan
dialog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa
yang akan ditanyakan .
2. Setiap dialog akan dibacakan dua kali, usahakan anda dapat
menjawab pada saat dialog selesai dibaca yang pertama,
sehingga ketika dialog dibaca untuk yang kedua kalinya,
anda bisa membaca pertanyaan soal berikutnya beserta
keempat pilihan jawabannya.
Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan,
apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll.
Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa
memfokuskan dalam mencari informasi dari dialog tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari dialog tersebut.
Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa
mengenai siapa yang sedang berdialog, di mana mereka,
apa yang sedang mereka kerjakan dan apa hubungan
mereka.
5. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban
yang benar, berspekulasilah.
 

 

SHORT TALKS

Dalam bagian ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang anda dengar.
Short talk atau monolog ini dapat berupa advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus
sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soal
yang bersangkutan dengan short talk tersebut dan keempat
pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan
monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap
apa yang akan ditanyakan .
2. Setiap monolog akan dibacakan dua kali, usahakan anda
dapat menjawab pada saat monolog selesai dibaca yang
pertama, sehingga ketika monolog dibaca untuk yang
kedua kalinya, anda bisa membaca pertanyaan soal untuk
monolog berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya.
Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan,
apakah , what, who, when, why, where, how,
how long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan,
anda bisa memfokuskan dalam mencari informasi dari monolog
tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari monolog
tersebut.
Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu
analisa mengenai siapa yang sedang berbicara,
di mana monolog itu dibacakan, untuk siapa monolog itu
ditujukan dan untuk keperluan apa .
5 Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
jawaban yang benar, berspekulasilah.

SARAN : Ketika anda mengerjakan soal UNAS dengan Lembar Jawab Komputer ( LJK ), untuk menjawab pada bagian listening cukup memberi tanda pada jawaban a atau b atau c nya saja dulu, sedang untuk mengaksir dan menghitamkan jawaban dapat anda lakukan di luar sesi listening atau pada sesi reading comprehension. Hal ini dimaksudkan supaya waktu tidak banyak terbuang, hanya untuk mengaksir jawaban dan kehilangan kesempatan untuk menyimak soal soal berikutnya.

 

 

STRATEGI JITU MENGERJAKAN SOAL-SOAL TENSES DENGAN CEPAT DAN TEPAT

 

Strategi Jitu Mengerjakan Soal-soal Tenses dengan Cepat dan Tepat

  1. Melihat petunjuk waktu (time signal)

Nah, temen-temen….

Disini saya akan berbagi salah satu Strategi Jitu untuk mengerjakan/menjawab soal-soal tenses dengan cepat.

Biasanya, ketika saya menghadapi soal-soal tenses….saya akan…..:

  1. Melihat Time Signal (Petunjuk waktu)
  2. Menentukan Tenses-nya ‡ Rumus dasar-nya
  3. Menjawab soal

 

Jadi, hanya dengan modal 3 strategi diatas kita sudah mampu menjawab soal-soal tenses

tanpa harus kita tahu arti masing-masing kalimat/soal.

Contoh soal :

  1. I……….to school everyday (everyday = time signal untuk Simple Present)
  2. Goes (salah, karena cocoknya ketika subjeknya he/she/it)
  3. Go (benar)
  4. Gone (jelas salah)
  5. Going (jelas salah)

 

Misalkan saja soal no.1:

Dengan menggunakan strategi diatas maka saya analisis:

  1. Time signal ‡ everyday
  2. Menentukan Tenses ‡ Simple present ‡ S + V-1(s/es) + O
  3. Menjawab soal ‡ Setelah “I” haruslah V-1, maka “go” adalah jawaban yang

paling tepat.!!

 

Untuk soal no.2 & 3 silahkan anda coba menjawab dengan strategi diatas

  1. We…………now (now = time signal unuk Present continous)
  2. Is sitting(salah)
  3. Are sitting(benar)
  4. Were sitting(salah)
  5. Was sitting(salah)

 

  1. Ani…….movie last night (last night = time signal untuk Simple Past)
  2. See (salah)
  3. Saw (benar, saw = V-2 dari see)
  4. Seen(salah)
  5. Seeing (salah)

Strategi Diatas hanya merupakan satu contoh dari sekian Jurus-jurus ampuh yang ada di modul.
Trima kasih,

About BAHYUDIN NOR, S.Pd.I

Easy Going and Friendly.

Posted on 4 Maret 2016, in Artikel, Bahan Ajar, Bahan Praktek, Bahasa Inggris, Tips dan Trik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: